Dalam strategi pembelajaran ekspositori klasikal, guru lebih banyak menjelaskan pesan yang sebelumnya telah diolah sendiri, sementara siswa lebih banyak menerima pesan yang telah jadi. Strategi seperti ini biasanya apabila:
1) Jumlah
siswa cukup banyak.
2) Sumber
pelajaran jumlahnya sangat terbatas, apalagi jika hanya satu, yaitu yang
dipergunakan oleh guru.
3) Media
lain tidak ada, kecuali buku sumber yang dipergunakan oleh guru dan papan
tulis.
4) Waktu
yang tersedia sangat sedikit dibandingkan dengan materi pelajaran yang relative
lebih banyak tujuan yang ingin dicapai lebih banyak bersifat pengetahuan.
Bila strategi pembelajaran seperti
ini terpaksa harus dilakukan, disarankan:
1) Guru
harus menguasai materi pelajaran sepenuhnya.
2) Selingi
dengan tanya jawab, supaya siswa lebih aktif.
3) Berikan
tugas yang harus dikerjakan siswa pada saat itu atau di luar jam pelajaran.
4) Berikan
balikan terhadap pekerjaan siswa yang telah dikoreksi.
5) Berikan
kesempatan kepada siswa yang menghadapi kesulitan, untuk berkonsultasi di luar
jam pelajaran.
6) Harus
disadari bahwa strategi belajar mengajar seperti itu lebih cocok untuk aspek
kognitif tingkat rendah.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar