Sabtu, 17 Desember 2016

Strategi Pembelajaran Ekspositori Klasikal


     Dalam strategi pembelajaran ekspositori klasikal, guru lebih banyak menjelaskan pesan yang sebelumnya telah diolah sendiri, sementara siswa lebih banyak menerima pesan yang telah jadi. Strategi seperti ini biasanya apabila:
1)     Jumlah siswa cukup banyak.
2)  Sumber pelajaran jumlahnya sangat terbatas, apalagi jika hanya satu, yaitu yang dipergunakan oleh guru.
3)      Media lain tidak ada, kecuali buku sumber yang dipergunakan oleh guru dan papan tulis.
4)   Waktu yang tersedia sangat sedikit dibandingkan dengan materi pelajaran yang relative lebih banyak tujuan yang ingin dicapai lebih banyak bersifat pengetahuan.
Bila strategi pembelajaran seperti ini terpaksa harus dilakukan, disarankan:
1)      Guru harus menguasai materi pelajaran sepenuhnya.
2)      Selingi dengan tanya jawab, supaya siswa lebih aktif.
3)      Berikan tugas yang harus dikerjakan siswa pada saat itu atau di luar jam pelajaran.
4)      Berikan balikan terhadap pekerjaan siswa yang telah dikoreksi.
5)      Berikan kesempatan kepada siswa yang menghadapi kesulitan, untuk berkonsultasi di luar jam pelajaran.
6)    Harus disadari bahwa strategi belajar mengajar seperti itu lebih cocok untuk aspek kognitif tingkat rendah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar