Sabtu, 17 Desember 2016

Metode Pembelajaran Tanya Jawab



Metode tanya jawab sebagai salah satu metode mengajar yang mempunyai peranan meningkatkan kadar berpikir siswa. Metode tanya jawab dapat digunakan antara lain untuk: (1) mendiagnosis perkembangan siswa, (2) menentukan tingkat kemampuan kognitif siswa, (3) menetapkan studi tambahan, dan (4) memperkaya materi pelajaran. Menurut Donald C. Orlich (1990: 195) semua pertanyaan dapat diklasifikasikan ke dalam tiga kategori dasar, yaitu (1) convergent, (2) divergent, dan (3) evaluative. Pada pertanyaan convergent terfokus kepada tujuan yang lebih terbatas atau lebih terarah kepada jawaban tertentu. dengan pola pertanyaan convergent, kemampuan siswa lebih terarah kepada tingkat kognitif rendah, yaitu aspek ingatan atau pemahaman. Pertanyaan-pertanyaan convergent digunakan antara lain pada saat guru memulai pelajaran sebagai ungkapan kemampuan awal siswa atau pengungkapan apersepsi, pada saat menyimpulkan berbagai fakta atau keterangan, pada saat merumuskan konsep, atau dengan maksud lebih banyak siswa yang terlibat memberikan jawaban. Beberapa contoh pertanyaan convergent:
1)      Coba anda sebutkan cir-ciri tanaman monokotil!
2)      Coba anda jelaskan cara terjadinya peredaran darah!
Pola pertanyaan divergent terarah kepada respons siswa yang bervariasi terhadap pertanyaan guru tiap siswa dapat merespons berbeda dari yang lain. dalam hal ini memungkinkan sekali banyak pendapat yang dapat dipandang benar. Dengan pertanyaan divergent, kegiatan siswa dapat berkembang menjadi diskusi. Guru tidak perlu terlalu banyak membatasi respons siswa. Siswa diberi kebebasan merespons sesuai dengan pendapatnya. Dengan pola pertanyaan divergent, kemampuan siswa lebih terarah kepada kognitif tingkat tinggi, yaitu penerapan, analisis, dan sintesis. Contoh pertanyaan divergent adalah:
1)      Dampak apa yang akan terjadi di dalam kehidupan di masyarakat bila demokrasi terpasung?
2)      Apa yang akan terjadi di dalam sekolah yang tidak memiliki aturan berperilaku?
Pola pertanyaan evaluatif merupakan pertanyaan divergent yang ditambah dengan evaluasi berdasarkan kriteria. Jika siswa merespons terhadap suatu pertanyaan yang kemudian responsnya itu diikuti dengan argumentasi atau alasan berdasarkan kriteria, maka pertanyaan tersebut tergolong pada pertanyaan evaluative. Cohtoh pertanyaan evaluative:
1)      Mengapa pertanyaan divergent dan evaluative lebih baik daripada pertanyaan convergent untuk meningkatkan sikap positif pada diri siswa?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar