Sabtu, 17 Desember 2016

Kepentingan Golongan Dominan dalam pendidikan



      Kepentingan – kepentingan golongan dominan. Kepentingan – kepentingan itu mencakup tujuan, cita – cita, serta fungsi sosial kelompok. Hal itu sesuai dengan gagasan di dalam superstruktur, Gramsci menunjukan bahwa superstruktur adalah realitas ketika hubungan manusia memperoleh kesadaran, posisi, dan tujuan mereka. Contoh marxis adalah superstruktur sebagai ideologi kelas yang lain.
      Jorge Larrain menunjukan bahwa ilmu pendidikan memiliki kaitan erat dengan analisis ideologi. Di dalam konteks kekinian, ketika bahasa diantarkan melalui, “ilmu bahasa struktural yang sinkronis telah menyumbang analisis ideologi dengan beberapa intuisi yang mendorong yang berasal dari media bahasa, maka struktur kebahasaan mengadung parangkat untuk memperkenalkan ideologi tertentu. Dari perbedaan dasar antara bahasa dan penuturan, serta konotasi dan denitasi” (Larrain, 1996:159).
      Kutipan sebagaimana diuraikan menunjukan bahwa ideologi bisa muncul dari analisis denotasi dan konotasi. Selanjutnya menurut Larrain, bahasa diangggap sebagai sebuah media yang pas untuk menyingkap ideologi. Hal itu berdasarkan alasan bahwa bahasa memiliki otonomi struktur dan objektivitas substrukturnya. Hal itu sesuai dengan penryantaan Egleton, “bahasa dan peralatan yang digunakan itu sendiri telah dipenuhi persepsi ideologis, yakni cara – cara menafsirkan realitas yang sudah terkondifikasi” (Egleton, 2002:49).

Daftar Pustaka:
Rohman, Saifur. dan Wibowo, Agus. (2016). Filsafat Pendidikan Masa Depan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar