Pendidikan kognitif adalah
pendidikan yang bertujuan mengembangkan kemampuan – kemampuan intelek dalam
meneganal lingkungan. Secara lebih rinci, pendidikan kognitif bertujuan
menegembangkan kemampuan – kemampuan: (1) mengingat, atau kemampuan mengenal
kembali apa yang telah dipelajari; (2) memahami, atau kemampuan menangkap makna
atau pengetian tentang sesuatu hal atau peristiwa; (3) menerapkan, atau
kemampuan menggunakan hasil belajar untuk menghadi situasi – situasi baru; (4)
menganalisis, atau kemampuan untuk menjabarkan sesuatu menjadi bagian – bagian,
hubungan – hubungan dalam struktur organisasi yang dapat dipahami; (5)
mensintesiskan, atau kemampuan untuk memadukan atau menggabungkan bagian –
bagian atau unsur – unsur menjadi satu kesatuan yang berarti; (6) menilai, atau
kemampuan memberi harga suatu hal berdsarkan ukuran intern atau norma atau
ukuran ekstern atau kriteria. Dalam pendidikan kognitif, antara lain tercakup:
(1) pendidikan intelektual, dan (2) pendidikan akademik atau pendidikan ilmiah.
Daftar Pustaka:
Mudyahardjo, Redja.
(2012). Filsafat Ilmu Pendidikan Suatu
Pengantar. Bandung: Rosda
Tidak ada komentar:
Posting Komentar