Sabtu, 17 Desember 2016

Objek Dan Status Filsafat Ilmu Pendidikan



Sosok pendidikan yang dapat kita kenali dalam kehidupan manusia dapat dibedakan dalam dua macam, yaitu praktek pendidikan dan ilmu pendidikan sebagai salah satu bentuk teori pendidikan. Oleh karena itu, ditinjau dari segi sosok atau bentuk tampilan pendidikan, filsafat dalam arti luas dapat dibedakan menjadi dua macam, yaitu :
1.      Filsafat Praktik Pendidikan
Filsafat Praktik Pendidikan adalah analisis kritis dan komprehensif tentang bagaimana seharusnya pendidikan diselenggarakan dan dilaksanakan dalam kehidupan manusia.
2.      Filsafat Sosial Pendidikan
Filsafat Sosial Pendidikan adalah analisis kritis dan komprehensif tentang bagaimana seharusnya kegiatan pendidikan dilaksanakan dalam kehidupan manusia. Filsafat Sosial Pendidikan biasanya hanya disebut Filsafat Pendidikan
        Setiap ilmu termasuk Ilmu Pendidikan, terbentuk dari beberpa skema konseptual yang merupakan bagian – bagian atua komponen – komponen isi ilmu. Dengan singkat dapat dikatakan bahwa organisasi isi Ilmu pendidikan, sebagai sebuah sisitem konsep, terbentuk dari unsur – unsur yang berupa konsep – konsep tentang variabel – variabel pendidikan, dan bagian – bagian yang berupa skema – skema konseptual tentang komponen – komponen pendidikan.

Daftar Pustaka:
Mudyahardjo, Redja. (2012). Filsafat Ilmu Pendidikan Suatu Pengantar. Bandung: Rosda

Tidak ada komentar:

Posting Komentar