Kamis, 22 Desember 2016

Aksiologi Ilmu Pendidikan: Nilai Kegunaan Teoritis



     Hasil Ilmu Pendidikan adalah konsep – konsep ilmiah tentang aspek – aspek dan dimensi – dimensi pendidikan sebagai salah satu gejala kehidupan manusia. Konsep – konsep tersebut sangat berguna untuk meningkatkan pemahaman kita tentang berbagai aspek dan dimensi pendidikan. Pemahaman tersebut secara potensial dapat dipergunakan untuk lebih mengembangkan konsep – konsep ilmiah pendidikan, baik dalam arti meningkatkan mutu (validitas dan signifikansi) konsep – konsep ilmiah pendidikan yang telah ada, maupun melahirkan atau menciptkan konsep – konsep baru, yang secara langsung atau tidak langsung bersumber pada konsep – konsep ilmiah pendidikan yang telah ada. Dengan kata lain, pemahaman terhadap konsep – konsep ilmiah pendidikan secara potensial mempunyai nilai kegunaan untuk mengembangkan isi dan metode Ilmu Pendidikan. Di samping itu, secara potensial dapat pula membantu meningkatkan wawasan dan keyakinan dari kita, baik sebagai ahli pendidikan atau teoretiskus pendidikan maupun sebagai praktisi pendidikan (pendidikan dan pengelola pendidikan). Dengan kata lain, secara potensial dapat turut serta mengembangkan mutu profesional teoretikus dan praktisi pendidikan.
   Konsep – konsep ilmiah tentang pendidikan menjadi salah satu dasar yang penting bagu berkembangnya teknologi pendidikan dalam arti program – program pendidikan. Program - program pendidikan berisi prosedur – prosedur dan teknik kerja yang sistematis untuk mengelola dan melaksanakan kegiatan – kegiatan pendidikan dalam satu satuan pendidikan atau keseluruhan satuan pendidikan, misalnya teknologi pengolaan pendidikan, baik makro maupun mikro, dan teknologi kegiatan pendidikan atau kegiatan bejar mengajar, baik di sekolah maupun di luar sekolah. Sehubungan dengan hal ini, konsep – konsep ilmiah pendidikan menjadi sebagian dari prinsip – prinsip kerja dalam mengelola keseluruhan satuan – satuan pendidikan dalam setiap satuan pendidikan, serta dalam melaksanakan seperangkat kegiatan pendidikan atau kegiatan belajar mengajar disekolah atau disatuan pendidikanluar sekolah. Sebagian prinsip – prinsip kerja dalam mengelola dan melaksanakan pendidikan lainnya bersumber pada konsep – konsep ilmiah, baik dari disiplin ilmu – ilmu kealaman maupun disiplin ilmu – ilmu sosial, serta konsep cita – cita yang bersumber dari ajaran – ajaran hidup, seperti agama, hukum, dan filsafat. Mengapa demikian, karena pendidikan sebagai suatu bentuk usaha yang khas, bertumpu pada dasar – dasar faktual dan dsar – dasar idiil atau normatif.

Daftar Pustaka:
Mudyahardjo, Redja. (2012). Filsafat Ilmu Pendidikan Suatu Pengantar. Bandung: Rosda

Tidak ada komentar:

Posting Komentar