Hasil Ilmu Pendidikan adalah konsep
– konsep ilmiah tentang aspek – aspek dan dimensi – dimensi pendidikan sebagai
salah satu gejala kehidupan manusia. Konsep – konsep tersebut sangat berguna
untuk meningkatkan pemahaman kita tentang berbagai aspek dan dimensi
pendidikan. Pemahaman tersebut secara potensial dapat dipergunakan untuk lebih
mengembangkan konsep – konsep ilmiah pendidikan, baik dalam arti meningkatkan
mutu (validitas dan signifikansi) konsep – konsep ilmiah pendidikan yang telah
ada, maupun melahirkan atau menciptkan konsep – konsep baru, yang secara
langsung atau tidak langsung bersumber pada konsep – konsep ilmiah pendidikan
yang telah ada. Dengan kata lain, pemahaman terhadap konsep – konsep ilmiah
pendidikan secara potensial mempunyai nilai kegunaan untuk mengembangkan isi
dan metode Ilmu Pendidikan. Di samping itu, secara potensial dapat pula
membantu meningkatkan wawasan dan keyakinan dari kita, baik sebagai ahli
pendidikan atau teoretiskus pendidikan maupun sebagai praktisi pendidikan
(pendidikan dan pengelola pendidikan). Dengan kata lain, secara potensial dapat
turut serta mengembangkan mutu profesional teoretikus dan praktisi pendidikan.
Konsep – konsep ilmiah tentang
pendidikan menjadi salah satu dasar yang penting bagu berkembangnya teknologi
pendidikan dalam arti program – program pendidikan. Program - program
pendidikan berisi prosedur – prosedur dan teknik kerja yang sistematis untuk
mengelola dan melaksanakan kegiatan – kegiatan pendidikan dalam satu satuan
pendidikan atau keseluruhan satuan pendidikan, misalnya teknologi pengolaan
pendidikan, baik makro maupun mikro, dan teknologi kegiatan pendidikan atau
kegiatan bejar mengajar, baik di sekolah maupun di luar sekolah. Sehubungan
dengan hal ini, konsep – konsep ilmiah pendidikan menjadi sebagian dari prinsip
– prinsip kerja dalam mengelola keseluruhan satuan – satuan pendidikan dalam
setiap satuan pendidikan, serta dalam melaksanakan seperangkat kegiatan
pendidikan atau kegiatan belajar mengajar disekolah atau disatuan
pendidikanluar sekolah. Sebagian prinsip – prinsip kerja dalam mengelola dan
melaksanakan pendidikan lainnya bersumber pada konsep – konsep ilmiah, baik
dari disiplin ilmu – ilmu kealaman maupun disiplin ilmu – ilmu sosial, serta
konsep cita – cita yang bersumber dari ajaran – ajaran hidup, seperti agama,
hukum, dan filsafat. Mengapa demikian, karena pendidikan sebagai suatu bentuk
usaha yang khas, bertumpu pada dasar – dasar faktual dan dsar – dasar idiil
atau normatif.
Daftar Pustaka:
Mudyahardjo, Redja. (2012). Filsafat Ilmu Pendidikan Suatu Pengantar. Bandung: Rosda
Tidak ada komentar:
Posting Komentar