Strategi pembelajaran
merupakan salah satu komponen di dalam sistem pembelajaran, yang tidak dapat
dipisahkah dari komponen lain di dalam sistem tersebut. Dengan kata lain,
strategi pembelajaran dipengaruhi oleh faktor-faktor lain. faktor-faktor
(variabel) yang mempengaruhi strategi pembelajaran ialah: (1) tujuan, (2)
materi, (3) siswa, (4) fasilitas, (5) waktu, dan (6) guru.
Metode
dan teknik di dalam proses belajar mengajar bergantung pada tingkah laku yang
terkandung di dalam rumusan tujuan tersebut. Dengan kata lain, metode dan
teknik yang digunakan untuk tujuan yang menyangkut keterampilan atau sikap.
Sebagai contoh: 1) tujuan untuk aspek pengetahuan (siswa dapat menjelaskan
konsep kebersihan); 2) tujuan untuk aspek keterampilan (siswa dapat
membersihkan ruangan kelas); 3) tujuan untuk aspek sikap (siswa menghargai
kebersihan). Untuk tujuan pertama (aspek pengetahuan), metode tanya jawab dan
diskusi dapat digunakan. Untuk tujuan kedua (aspek keterampilan) tidak cukup
hanya dengan bicara (tanya jawab dan diskusi), akan tetapi harus sampai pada
praktik membersihkan ruanagan di bawah bimbingan guru. Apalagi untuk tujuan
ketiga (aspek sikap), tidak semudah itu tujuan tersebut dapat dicapai. Dalam
hal ini kita perlu memilih strategi yang lebih tepat, termasuk pembiasaan dan
disertai contoh jadi guru. Jadi, jelas bahwa strategi belajar mengajar yang
digunakan dipengaruhi oleh tuuan pengajaran itu sendiri. Beberapa faktor yang
perlu dipertimbangkan dalam menentukan strategi pembelajaran adalah sebagai
berikut.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar