Rabu, 14 Desember 2016

Pengertian Filsafat Pendidikan

Secara singkat, filsafat pendidikan  dapat dimengerti sebagai kajian filosofis tentang asumsi - asumsi dasar, konsep, prinsip - prinsip, hingga kategori di dalam penyelenggaraan pendidikan. pendidikan dilihat bukan sekedar sebagai konsepsi apriori, tetapi sebagai langkah - langkah aposteriori yang melibatkan fakta - fakta empiris. karena itu, filsafat pendidikan adalah sebuah upaya pemeriksaan yang menyeluruh terhadap hal - hal utama di dalam pendidikan. Sebagai contoh persoalan filosofis dalam pendidikan adalah pertanyaan berikut ini:
  1. Apa makna terdalam dari pendidikan?
  2. Bagaiman eksistensi pendidikan?
  3. Di manakah penyelenggaraan pendidikan yang paling rasional?
  4. Sejak kapan penyelenggaraan pendidikan yang esensial dapat dilakukan?
  5. Bagaimana baiknya sebuah pendidikan dilaksanakan?
  6. Siapakah subyek yang terlibat di dalam pendidikan?
  7. Bagaimana sebuah pendidikan yang buruk?
  8. Bagaimana penyelenggaraan pendidikan benar?
  9. Bagaimana hubungan masing - masing masalah filosofis tersebut di dalam penyelanggaraan pendidikan?
  10. Apa hubungan esensi pendidikan dengan tujuan dan pendidikan? 
    Pertanyaan - pertanyaan tersebut dapat diringkas dalam kajian filsafat teoritis, yakni pertanyaan yang didasarkan pada konsep ontologi (metafisik), aksiologi (etis), dan epistemologis. Jadi dengan kata lainn, filsafat pendidikan adalah upaya memfilsafatkan kondisi pendidikan; bagaimana pendidikan diringkas di dalam cabang - cabang filsafat; bagaimana segala sebab  dan akibat dari penyelenggaraan pendidikan susun dalam kerangka filsafat.
     Secara leksigrafis, istilah "Pendidikan" dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia  dimengerti sebagai "Proses pengubahan sikap dan tata laku seseorang atau sekelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan pelatihan". Pengertian lain diungkapkan oleh para ahli juga akan menyangkut persoalan tindakan transformasi kondisi manusia. Secara ilmiah, pendidikan diartikan sebagai pengembangan fungsi - fungsi psikis melalui pelatihan sehingga mencapai kesempurnaan sedikit demi sedikit. Pendidikan adalah kegiatan membina anak manusia menuju kedewasaan dan kemandirian. Pendidikan merupakan proses ketika kekayaan budaya nonfisik dipelihara atau dikembangkan dalan pengasuh anak - anak (Muhammad Rifai, 2011:7).
Daftar Pustaka:
Rohman, Saifur. dan Wibowo, Agus. (2016). Filsafat Pendidikan Masa Depan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar